Upaya Penguatan Literasi dan Nilai Karakter Anak melalui Program POSKRITER di Taman Baca Masyarakat Kota Bandar Lampung
DOI:
https://doi.org/10.23960/nengahnyappur.v4i1.67Keywords:
Penguatan Literasi, Pendidikan Karakter, Taman Baca MasyarakatAbstract
Literasi dan pendidikan karakter merupakan aspek fundamental dalam pembentukan sumber daya manusia yang berintegritas dan unggul. Sayangnya, proses pendidikan formal di Indonesia cenderung berfokus pada aspek kognitif, sehingga penguatan nilai-nilai karakter seringkali terabaikan. Program POSKRITER (Pondok Singgah Kreatif dan Berkarakter) hadir sebagai bentuk pengabdian masyarakat berbasis literasi, yang bekerja sama dengan Taman Baca Masyarakat (TBM) di Kota Bandar Lampung. Kegiatan ini menggunakan metode pemaparan materi dan praktik kreatif seperti membuat batik jumputan, ikat kepala, dan menggambar dengan tujuan meningkatkan literasi multidimensi dan membentuk karakter anak-anak melalui pendekatan budaya lokal. Evaluasi kualitatif menunjukan bahwa program ini efektif dalam meningkatkan literasi bahasa, budaya, dan emosional anak, sekaligus membangun nilai-nilai karakter seperti empati, gotong royong, tanggung jawab, dan rasa bangga terhadap identitas lokal. Anak-anak menunjukan antusiasme tinggi dan perubahan sikap yang positif selama dan setelah kegiatan berlangsung. Program ini membuktikan bahwa pendekatan berbasis budaya lokal yang aplikatif dan menyenangkan dapat menjadi alternatif strategis dalam penguatan pendidikan karakter berbasis komunitas.