Upaya Pencegahan Stunting melalui Konsumsi Protein Hewani dengan Inovasi Jurnalistik Media Pop Digital
(Isi Piringku Kini Kaya Protein Hewani)
DOI:
https://doi.org/10.23960/nengahnyappur.v4i1.66Keywords:
Stunting, Kampanye, Media Pop Digital, Protein HewaniAbstract
Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat “Isi Piringku Kini Kaya Protein Hewani” melalui Inovasi Jurnalistik Media Pop Digital adalah meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang gizi seimbang dan mempromosikan konsumsi protein hewani sebagai upaya pencegahan stunting. Selain itu, program ini bertujuan untuk memberikan keterampilan pembuatan konten digital kepada perempuan muda dalam menyebarkan pesan edukasi gizi secara efektif. Sasaran utama adalah 20 anggota Muli Leadership Lampung, organisasi kepemimpinan perempuan yang diinisiasi oleh Perkumpulan DAMAR. Metode pelatihan menggunakan kombinasi ceramah interaktif, diskusi kelompok, role-play, brainstorming, simulasi pembuatan konten, dan latihan langsung di lapangan. Hasil menunjukkan bahwa peserta berhasil meningkatkan pemahaman mereka tentang tubuh, tumbuh kembang optimal, serta manfaat protein hewani dalam mencegah stunting. Peserta juga terampil membuat content plan dengan tujuan Brand Awareness, Keywords Ranking, dan Conversion dalam media pop digital. Program ini menjadi model intervensi komunitas yang dapat direplikasi dalam skema kampanye digital anti-stunting.