Peran Program PROTECT sebagai Upaya Anti-Bullying dalam Mendorong Pembentukan Karakter Positif Siswa-siswi SDN 1 Sabah Balau

Authors

  • Ghaitsa Alya Zalfa Jurusan Sosiologi FISIP Universitas Lampung
  • Rina Mustika Jurusan Sosiologi FISIP Universitas Lampung
  • Dhandi Lionar Fajri Jurusan Sosiologi FISIP Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.23960/nengahnyappur.v4i2.80

Keywords:

education, anti-bullying, violence prevention, character building

Abstract

Bullying merupakan tindakan kekerasan yang dilakukan oleh pelaku baik secara individu maupun kelompok yang merasa memiliki kontrol lebih besar terhadap korban atau orang lain yang dianggap lebih lemah. Namun, banyak dari pihak sekolah yang belum cukup mengoptimalkan penanganan kasus bullying dan hanya menganggap tindakan-tindakan itu merupakan hal yang biasa saja jika terjadi di lingkungan sekolah. Maka, hadir Program PROTECT sebagai salah satu bentuk pengabdian masyarakat sebagai program edukasi dan pencegahan bullying serta kekerasan seksual yang berlokasi di SDN 1 Sabah Balau. Kegiatan edukasi ini dilaksanakan dengan pemaparan materi serta praktik think-write dan think-write-share yang bertujuan untuk menanmkan upaya anti-bullying dan mendorong pembentukan karakter positif anak-anak. Tingkat keberhasilan dan evaluasi kualitatif menunjukkan bahwa program ini efektif dalam memberi pemahaman nilai-nilai anti-bullying sehingga mereka dapat terdorong dalam membentuk moral pengetahuan, moral perasaan, dan moral tindakan. Setelah kegiatan program ini sudah terlaksana secara keseluruhan, karakter anak-anak berangsur-angsur bergeser menjadi lebih positif. Program PROTECT terbukti dapat berperan sebagai upaya anti-bullying dalam mendorong pembentukan karakter positif siswa-siswi SDN 1 Sabah Balau.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-11-28

How to Cite

Zalfa, G. A., Mustika, R., & Fajri, D. L. (2025). Peran Program PROTECT sebagai Upaya Anti-Bullying dalam Mendorong Pembentukan Karakter Positif Siswa-siswi SDN 1 Sabah Balau. Nengah Nyappur, 4(2), 79–89. https://doi.org/10.23960/nengahnyappur.v4i2.80